Jumat, 02 April 2010

SEJARAH DAN TENTANG TATA CARA DALAM DUNIA OLAHRAGA PADA BIDANG OLAHRAGA TENIS MEJA

Tenis meja atau pingpong adalah suatu olahraga yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Nama pingpong ini diberikan oleh Republik Rakyat Cina. Hampir setiap orang pernah bermain tenis meja sesekali dalam hidupnya telah dicobanya bermain pingpong, entah untuk mengisi waktu dikala senggang, entah sebagai pelampiasan rasa ingin tahu saja. Tujuannya hanyalah satu dua game, mencoba set tenis meja yang baru diterimanya sebagai hadiah ulang tahun atau hari natal.
Tenis meja adalah suatu cabang olahraga yang tidak mengenal batas umur, anak –anak maupun orang dewasa dapat bermain bersama. Dapat dianggap sebagai acara rekreasi, dapat juga dianggap sebagai olahraga atletik yang harus ditanggulangi dengan bersungguh-sungguh. Tetapi kalau kita ingin menguasai pingpong sebagai olahraga, maka mau tak mau kita harus mempelajari dan memahami berbagai stroke (pukulan) yang ada.

Pada mulanya tenis meja dianggap sebagai permainan yang lucu dan kurang menarik, karena mulanya seorang gadis dan seorang pemuda memukul bola plastic kecil melintas di atas net ( yang selanjutnya disebut pingpong). Tenis meja merupakan ukuran olahraga prestasi internasional, selebih bertahun selama 30 tahun menjadi ukuran prestasi nasional. Pertandingan tenis meja diselenggarakan di London tahun 1926, yang semata-mata merupakan kompetisi antara 7 negara dan selanjutnya diikuti oleh 34 negara. Tahun 1930 Inggris mampu mendapat unggulan, yakni Fred Derry yang memenangkan kejuaran tunggal Wimbolden pada tahun 1928 – 1929. Dalam olahraga ini ada beberapa perlengkapan yang digunakan yaitu dari pemukul yang disebut bet, bola, pakaian, meja, dan net nya. Bet merupakan alat utama untuk memukul bola pada tenis meja terbuat dari bahan – bahan lunak dengan postur bundar, dan terbuat dari karet. Bet yang dilapisi karet tidak saja memberi kecepatan penuh, tetapi juga memberi kesempatan kepada para pemain mengembangkan gaya permainannya yang akurat, penuh kehalusan dan teknik yang meliputi segalanya. Bola dibuat dari bahan celluloid dan pada perkembangan selanjutnya bola disempurnakan menjadi superbal yang terbuat dari serpihan plastik. Hampir semua pemain tenis meja dunia menola bola jenis ini karena tidak dapat memberikan kesempatan baik pada set-set yang tidak diduga. Pakaian yang digunakan adalah kaos yang sesuai dengan postur tubuh, sehingga memberi kenyamanan. Jangan memilih kaos yang menyebabkan suasana panas dan dingin, pakailah kaos yang benar-benar sesuai dan memberi kenyamanan bagi tubuh. Pada perlengkapan bagian meja ada ukuran yang sudah ditentukan, meja yang baik itu memiliki ukuran panjang 2,74 meter, lebar 1,52 meter, panjang net 1,83 meter, tinggi 76 cm. Warna meja yang ideal adalah hijau dengan garis-garis batas berwarna putih dan lebar 2 cm. Permukaan paling atas dari meja, dikenal sebagai permukaan-main (playing surface), harus berbentuk segiempat, dengan panjang 2,74m dan lebar 1,525m, dan harus diletakkan datar setinggi 76cm dari lantai. Net ini berfungsi sebagai pembagi mesin menjadi dua bagian yang sama luasnya. Di kiri kanan meja dipasang dua tiang penyangga ukuran 15 sampai 25 cm, tingginya dan berjarak 15 sampai 25 dari garis pinggir. Tiang penyangga ini berguna untuk mengikatkan tali penopang net tersebut.
Tinggi net berkisar antara 15 sampai 25 cm di atas permukiman meja, sedangkan bagian bawahnya harus dipasang sedekat mungkin dengan permulaan meja tersebut.

Adapun tata cara permainan ini, game score 11 point dan bermain dengan sistem the best of five atau dengan set akhir 3-2. Service 2 kali bergantian dilakukan secara terus menerus tiap persetnya kecuali jika terjadi juice di skor 10- 10 maka service dilakukan 1 kali. Service bola harus dilempar minimal ketinggian bola 30cm. Serta, jika ingin mengusap keringat dengan handuk maka kelipatan poin harus 6. Setiap perset game berakhir maka kedua pemain diperbolehkan istirahat untuk mendapatkan arahan dari pelatih mereka masing- masing dan memiliki satu kali kesempatan untuk time out.

1 komentar:

  1. akhirnya ketemu juga blog nya atlet ini. dell ini reza bjm

    BalasHapus